Inilah 6 Sumber Air Berkualitas

Air yang bermutu tentu saja dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam keperluan sehari-hari. Air dapat digunakan sebagai pembersihan seperti mencuci, mandi, untuk kesehatan, dan berbagai jenis kebutuhan yang lain. Air sangatlah melimpah di bumi ini sehingga mudah untuk menemukannya. Namun, tentu saja pemanfaatannya berbeda bergantung pada tujuan dan penggunaannya. Air bisa dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik, dapat juga untuk menetralkan sifat-sifat kandungan zat kimia tertentu, dan berbagai fungsi serta tujuan manusia itu sendiri.

Keberadaan air yang berlimpah tentu saja dibarengi berasal dari berbagai sumber air. Banyak sekali sumber air yang bisa diperoleh untuk dapat dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. Tentu saja antara sumber air satu dengan yang lain memiliki fungsi masing-masing. Hal ini bergantung pada jenis air tersebut. Di sini akan dibahas macam-macam sumber air. Setidaknya ada 6 jenis air berkualitas yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal sesuai dengan peranannya masing-masing.

1. Air Hujan

air hujanSumber daya air yang didapatkan dengan sangat mudah yaitu air hujan. Tentu saja sumber daya air ini bisa diperoleh ketika musim hujan tiba. Air hujan dikategorikan sebagai air yang memiliki sifat kelembaban tinggi dibandingkan dengan air yang lain. Air hujan tidak terkontaminasi oleh zat-zat kering, bersifat lembut dan cepat bereaksi. Di Indonesia sendiri air hujan sangatlah melimpah ketika memasuki musim hujan. Apabila tidak bisa dikendalikan dengan baik sesuai dengan kondisi tanah serta pengontrolan, maka bisa menyebabkan banjir. Bencana banjir Inilah yang sering terjadi ketika musim hujan. Maka dari itu, tentu saja perawatan dan penjagaan lingkungan sekitar harus diperhatikan agar tidak terjadi bencana banjir ini pada musim hujan.

Namun, di negara-negara lain, hujan turun di musim yang berbeda, yaitu di musim semi dan musim dingin. Air hujan musim semi lebih lembut karena temperatur panas akan menyebabkan udara menjadi ringan dan lembut sehingga air pun menjadi ringan. Selain itu, air hujan yang turun bersamaan dengan waktu berkembangnya tumbuh-tumbuhan, pepohonan, dan udara yang sejuk.

Adapun air hujan musim dingin lebih lembut karena temperatur panas matahari yang lebih kecil sehingga air laut yang tertarik ke awan hanyalah air yang berkarakter lembut. Selain itu, udaranya juga bersih, jernih, tanpa uap, tanpa asap kotor, tanpa debu yang bercampur air sehingga air hujan yang turun bersifat begitu lembut, bersih, tanpa adanya kontaminasi apa pun.

2. Air Laut

air lautSumber air lain yang keberadaannya pun melimpah yaitu air laut. Sifat asin dan kecenderungan lebih pahit pada air laut mampu menetralisir secara alami seluruh bangkai dan kotoran yang berada pada kedalaman dan permukaan laut sehingga tidak berbau busuk. Dalam segi kesehatan, mandi air laut dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit kulit. Selain itu, secara metafisik, air laut pun mampu menetralisir energi-energi negatif yang bersifat jahat sehingga dapat menghilangkan energi negatif yang bisa merusak tubuh manusia. Maka dari itu, ada suatu kebudayaan tertentu di mana banyak orang-orang berduyun-duyun mandi di laut untuk membuang sial guna menghilangkan energi negatif agar memperoleh keselamatan dan berbagai keberuntungan.

3. Air Sungai

air sungaiSejarah mencatat, sungai-sungai di dunia menyediakan lebih dari 40.000 kilometer kubik air putih yang bisa diperoleh manusia. Ketersediaan ini sepadan dengan kebutuhan lebih dari 7.000 meter kubik untuk setiap orang. Meski jumlah tersebut bisa mencukupi kebutuhan air oleh semua penduduk di muka bumi, sayangnya ketersediaan sumber air tersebut sangatlah sulit dijangkau oleh seluruh penduduk. Misalnya saja keberadaan sumber air bersih di lembah sungai Amazon, Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, sungai kini sudah mulai tidak sehat karena banyak sekali pencemaran sungai oleh manusia itu sendiri. Sungai tidak lagi sebagai sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Bahkan, di musim hujan kerapkali tercemarnya sungai oleh tangan dan ulah manusia, maka musibah banjir pun tak bisa dielakkan. Dalam hal ini, manusia itu sendirilah menjadi faktor penyebabnya karena tidak mampu mengelola air dengan baik.

4. Air Sumur dan Air Tanah

air sumurSalah satu sumber air bersih yang bisa diperoleh cukup mudah yaitu air sumur. Pada dasarnya, air sumur tidak begitu ringan karena mengendap dalam tanah pada kurun waktu yang relatif lama sehingga tidak bisa terhindar dari proses pembusukan. Demi menjaga kesehatan, maka air sumur dan air tanah sebaiknya jangan langsung diminum sebelum terkena udara dan terendam selama satu malam. Ketika air sumur dan air tanah sudah lama tidak dipakai, terutama kondisi tanahnya kurang baik, maka sifat airnya pun kurang baik. Apalagi jika air tersebut sudah tercemar oleh timah, dan zat-zat kimia lain, tentunya malah dapat menimbulkan wabah penyakit.

5. Air Salju

air saljuAir salju atau air es memiliki karakteristik uap yang tajam. Air salju atau es alami, biasanya mengambil energi dari gunung dan bumi di saat salju turun sehingga kualitasnya dapat menyesuaikan dengan kualitas lokasinya. Untuk menjaga kondisi kesehatan, maka hindarilah minum air bercampur es setelah mandi, usai berolahraga, menderita penyakit tertentu seperti batuk, sakit dada, lever, alergi dingin, serta orang yang memiliki gangguan pencernaan.

6. Air Embun

air embunAir embun memiliki sifat yang lebih halus dan lezat daripada air es. Air embun memang tidaklah mudah ditemukan. Ia berada pada daerah dengan ketinggian tertentu, atau di area hutan yang banyak tumbuhan dan pohon, terutama pohon yang memiliki daun lebat.

Itulah macam-macam sumber air yang dapat digunakan sekaligus dapat dimanfaatkan oleh manusia sesuai dengan fungsi serta peranannya masing-masing. Meski memiliki fungsi yang berbeda, tetapi ketika dapat diolah menjadi sesuatu yang sangat berguna, macam-macam sumber air tersebut bisa mendatangkan manfaat yang sangat besar sehingga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan.



Mbak Sinta
Pemesanan dan Pengiriman
081 225 5888 35 / 085 740 003 031
Pin BB : 56B2DEE8
Whatsapp/Line : 081 22 55 888 35
csmasterkhilman@gmail.com

Master Khilman
Telp/Sms : 081 225 777 400
Pin BB : 555D335C
Whatsapp : 081 225 777 400
masterkhilman@gmail.com


ALAMAT KANTOR
Perum Griya Tahunan Indah – Jl. Amarta 1 No. 247 B Kel. Tahunan, Jepara
Jawa Tengah, Indonesia. 59427

HARI & JAM KERJA
Senin - Sabtu (08.00 - 16.00 WIB)
Diluar Jam Kerja, Silahkan SMS/Email